Fri. Apr 26th, 2024

    Banyak orang tua baru yang belum memiliki pengalaman mulai bingung mencari cara yang tepat untuk memandikan bayi. Apalagi tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat bayi harus dimandikan dua kali sehari agar tetap sehat dan terhindar dari biang keringat. Namun sebenarnya bagaimana tips mandi air hangat untuk anak?

    Sesuaikan Suhu

    Jika anda sebagai ibu baru berniat untuk memandikan bayi maka anda harus tahu berapa suhu yang tepat untuk memandikan bayi. Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa suhu yang tepat adalah hangat – hangat kuku atau berkisar pada suhu 32 – 38°C. Suhu normal air di Indonesia berada pada suhu 26 – 27 °C. Jadi jika  ingin memandikan bayi memang lebih tepat untuk menggunakan air hangat karena bisa disesuaikan dengan suhu tubuh. 

    Baca: Ini lah Pemanas Air Tenaga Surya yang Recommended

    Alasan lain mengapa bayi lebih disarankan untuk mandi dengan air hangat karena ketika bayi mandi dengan air yang terlalu dingin atau terlalu panas akan berpengaruh terhadap kulit yakni kulit bayi akan sangat kering. Jika anda ingin memastikan apakah suhu air sudah sesuai anda bisa mencoba mencelupkan bagian ujung siku, karena siku merupakan bagian tubuh yang lebih sensitif terhadap panas. 

    Tips Memandikan Bayi dengan Tepat

    Bagi orang tua mengetahui cara memandikan bayi merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki. Jika anda ingin memandikan bayi sebaiknya hindari untuk memandikan bayi tepat setelah menyusu atau setelah makan, anda bisa menunggu beberapa saat hingga bayi selesai makan.

    Ketika anda ingin memandikan bayi maka anda harus mempersiapkan beberapa peralatan yakni pastikan permukaan tempat yang digunakan untuk memandikan bayi merupakan tempat yang datar serta tempat yang aman. Siapkan handuk serta alas ganti, gunakan gayung untuk mengalirkan air, pakai washlap untuk menyeka tubuh bayi. 

    Sebenarnya untuk bayi tidak disarankan mandi dengan menggunakan sabun hal ini karena kulit bayi yang cenderung lebih sensitif. Jika anda memang harus menggunakan sabun maka pilih produk pengganti sabun soap free agar kulit bayi bebas dari iritasi. Yuk dapatkan produk pemanas air berkualitas di https://pemanasairindonesia.com